Covid-19 menjadi pandemi yang menyebar begitu cepat di berbagai negara termasuk Indonesia. Hal ini mendorong pemerintah melakukan upaya dan mengambil kebijakan dengan tujuan pencegahan dan penanganan Covid-19.  Pemerintah mengerahkan sumber daya dari sisi keuangan untuk mendukung penanganan Covid-19. Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah kewenangannya dan didorong untuk menyusun langkah yang akan dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 termasuk Pemerintah Provinsi NTB.

Setiap program dan kegiatan yang dilakukan tidak terlepas dari adanya risiko yang dapat berpengaruhi pada pencapaian tujuan. Risiko yang dihadapi jika tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan tujuan  tidak tercapai sehigga dibutuhkan suatu manajemen resiko.

Rabu, 18 November 2020 bertempat di Ruang Rapat Sekretariat, dipimpin Sekretaris Inspektorat NTB, bersama Dikes dan Tim Evalap merumuskan tanggapan Pemerintah Provinsi NTB terhadap Konsep temuan BPK RI pada Kinerja Penanganan Covid-19 di Provinsi NTB Tahun 2020.