Inspektur Provinsi NTB (Itprov) Ibnu Salim,SH., M.Si. mengikuti seminar nasional membahas Sinergi Pengawasan APIP-SPI-APH atas pengawalan Program Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan tema “Sinergi Mengawal Negeri, Menuju Indonesia Maju” secara virtual di Ruang Rapat Inspektur Provinsi NTB, Selasa (29/09/2020).

Saat mengikuti webinar yang diselenggarakan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Itjen Kemenkeu), Inspektur, Ibnu Salim didampingi Sekretaris, M.Takiyudin Subki, Itban I, II, III dan Khusus.

Pemerintah menganggarkan Rp 695,2 triliun untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dengan dana sebesar ini diperlukan pengawasan baik aparat hukum maupun dari internal Kementerian/Lembaga. Pemerintah melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah(APIP), Satuan Pengawas Internal (SPI), dan aparat hukum harus mengawasi pelaksanaan penggunaan anggaran dengan baik.

“Memastikan seluruh kegiatan yang dilakukan tersebut dalam jangka waktu cepat namun tetap akuntabel. Seluruh masyarakat menunggu realisasi dari anggaran pemulihan ekonomi nasional tersebut,” ucap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam seminar daring pada Selasa (29/9) .

Dalam upaya mempercepat penyerapan anggaran APIP harus melakukan peninjauan anggaran secara proper bagi K/L yang mendapatkan tambahan anggaran. Pelaksanaan anggaran dilakukan melalui observasi peraturan melalui desain tata kelola yang tersedia. “Ini sangat membutuhkan peran serta dari seluruh APIP dan SPI internal,” ucap Suahasil.

  • Pelantikan Pengurus IPKN NTB
    Pada Kamis 22 Oktober 2020, Inspektur Provinsi Nusa Tenggara Barat menghadiri sekaligus dilantik sebagai Wakil Ketua Pengurus IPKN NTB (Institut Pemeriksa Keuangan Negara) di kantor BPK Perwakilan NTB. Pelantikan dilakukan secara ofline dan online oleh Ketua IPKN Pusat, disaksikan oleh Gubernur NTB dan pimpinan daerah lain dari Jawa Timur, Bali dan NTT. IPKN merupakan wadah […]
  • Rapat Koordinasi Percepatan Program Industrialisasi dan E-Catalog Lokal
    Rabu, 21 Oktober 2020. Inspektur Pembantu II menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Program Industrialisasi dan E-Catalog Lokal yang dipimpin oleh Asisten II. Industrialisasi merupakan salah satu program strategis Pemerintah Provinsi NTB yang tertuang dalam RPJMD 2019-2023. Guna mendukung program tersebut, perangkat daerah diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan barang yang berulang yang mampu di produksi oleh IKM daerah. […]
  • Pemeriksaan Pengelolaan Dana BOS Tahun Anggaran 2020 pada SLB Swasta di Pringgabaya
    Pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 Tim dari Inspektorat terjun langsung ke lapangan untuk mengkonfirmasi kepada peserta didik dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dana BOS Tahun Anggaran 2020 pada SLB Swasta di Pringgabaya, Lombok Timur. (Lombok Timur, 22 Oktober 2020)
  • Digitalisasi Pengadaan Barang/Jasa Efektifkah dalam Mencegah Korupsi?
    Kamis, 22 Oktober 2020 di Ruang Rapat Inspektur Provinsi NTB. Inspektorat mengikuti webinar dalam rangka Stranas PK dengan tema “Digitalisasi Pengadaan Barang/Jasa Efektifkah dalam Mencegah Korupsi?”. Narasumber pada acara ini antara lain Firli Bahuri (Pimpinan KPK), Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Anies Baswedan (Gubernur Provinsi DKI Jakarta ), Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UMKM), […]
  • Lanjutan Sosialisasi Saber Pungli pada Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat
    Kamis, 22 Oktober 2020, lanjutan silaturahim dalam rangka sosialisasi Saber Pungli pada Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat. (Mataram, 22 Oktober 2020)