spi

Survey Penilaian Integritas dilingkungan Pemerintah Provinsi NTB sambutan oleh Inspektur Provinsi NTB, Kepala BPS Provinsi NTB dan Irbansus

Survey Penilaian Integritas dilingkungan Pemerintah Provinsi NTB Tahun 2019 dilakukan BPS merupakan kerjasama Pemda melalui Inspektorat dengan BPS NTB. Sosialisasi awal diberikan oleh Ka BPS NTB terhadap Perangkat Daerah yg bertanggungjawab atas renaksi program pencegahan korupsi di NTB.

Doc. Sosialiasi SPI

KPK – Pemerintahan bersih terus diupayakan terwujud baik di tingkat pusat maupun daerah. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan integritas birokrasi. Kondisi ini bisa berdampak pada pelayanan publik yang tidak akuntabel atau kebocoran anggaran.

Berbagai upaya pemberantasan korupsi melalui perbaikan integritas telah diinisiasi oleh berbagai K/L/ PD (Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah). Namun sayangnya, capaian upaya pemberantasan korupsi tersebut belum memiliki ukuran yang obyektif.

Survei Penilaian Integritas (SPI) berusaha menjawab kebutuhan akan perangkat diagnostik yang dapat membantu memetakan capaian upaya pemberantasan korupsi yang telah dilakukan K/L/PD. Kegiatan ini merupakan kerjasama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah dilakukan sejak tahun 2016. Pada tahun 2018, SPI mencakup 6 Kementerian/Lembaga dan 20 Pemerintah Provinsi.

Hasil kegiatan SPI 2018 yang disajikan dalam laporan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi K/L/PD sebagai dasar perbaikan program pencegahan korupsi. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya SPI 2018 dengan baik. Kritik yang membangun sangat diharapkan untuk penyempurnaan pelaksanaan kegiatan serupa dimasa datang.

Buku Saku SPI

%d bloggers like this: