0370-621360 / SMS Centre 0811391300 inspektorat@ntbprov.go.id

Tema Harkitnas Tahun 2016: “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewuiudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter”
Berikut Susunan Acara Apel Pagi Harkitnas Tahun 2016 yang Ke-108
Pembina Upacara : Drs. H. Ramli MM
Pemimpin Upacara : H. Abdul Sidiq
Pembaca Doa: Haji Mahsun
Pembaca UUD: Taofan
Pengibar Bendera : 1. Rahadian Pawoko, SE. 2. Hj. Idawati S.sos. 3. Aris Budiarjo AMD.

Upacara Harkitnas Inspektorat Provinsi NTB

Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual melalui pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Proses perjuangan mereka yang dilanjutkan oleh para pejuang lain telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini.

Pada hari ini 20 Mei 2016 bertepatan dengan Harkitnas ke-108, seluruh pegawai Inspektorat Provinsi NTB melaksanakan upacara peringatan Harkitnas. Tema Harkitnas ke-108 ini adalah “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter”. Tema ini mengandung pemaknaan Kebangkitan Nasional lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dan pembangunan manusia yang berkarakter. Bangsa ini harus kembali pada semangat ke Bhineka Tunggal Ika, semangat Pancasila dan rasa senasib dan sebangsa, kembali pada kepribadian nasionalnya sendiri. Suatu Negara jika ingin kuat dan langgeng harus ditata berdasarkan hukumnya sendiri dan berdiri di atas kepribadian nasionalnya sendiri.

“Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbarui semangat setiap pegawai negeri di jajarah pemerintahan Daerah agar menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara”

Untuk melihat gambar bisa mengklik link berikut:
Harkitnas ke-108 Tahun 2016

UA-74660865-1